Kamis, 24 Januari 2013

kencengin jupiter z

kali ini saya membahas tentang jupiter z, saya membahasnya karena temen saya yang bernama Rifky mau motornya menjadi kenceng, bagi anda yang kepingin kenceng jupiternya langsung aja ikutin petunjuknya ya..


Modifikasi Mesin Jupiter Z

jupiter z racing modifikasi mesin bikin kenceng modifikasi yamaha fiz rmdifikasi jupiterjupiter z racing modifikasi mesin bikin kenceng modifikasi yamaha fiz r
Bagi anda yang menyukai kecepatan  Resepnya adalah rombak seluruh sistem pengapian pada bagian mesin anda. Ganti Capacitor Discharge Ignition (CDI), peranti ini adalah induk/biangnya produksi api sebelum diteruskan ke ruang pembakaran. CDI standard pabrik biasanya memiliki limit dan kemampuan menghasilkan percikan apinya lebih kecil dibanding CDI racing.
CDI racing zaman sekarang kebanyakan sudah mengadopsi sistem digital. Perlu dingat sebelum mengganti CDI pastikan jenis pengapian motor anda menganut sistem AC atau DC.
CDI racing zaman sekarang kebanyakan sudah mengadopsi sistem digital. Perlu dingat sebelum mengganti CDI pastikan jenis pengapian motor anda menganut sistem AC atau DC.

Bila motor anda hanya digunakan untuk keperluan harian anda tidak perlu mengganti yang khusus balap mengingat harga yang cukup mahal. Pada motor harian bila anda tertarik untuk menggunakan merek BRT(Bintang Racing Team) anda cukup menggantinya dengan tipe Hyperband kira-kira harganya berkisar antara 350rb-400rb.

Untuk meningkatkan sistem pengapian pada motor, selain CDI anda juga dapat mengganti Busi dan Kabel Busi. Busi perlu diganti yang jenis racing berbentuk jarum dan bahan yang paling bagus adalah Iridium. Saya menggunakan busi NGK racing jarum berbahan Platinum. Kalau CDI dan busi sudah menghasilkan percikan api yang besar, percuma kalau perantara atau kabel businya masih standard.

Jadi saya menggantinya dengan kabel busi split fire berbahan serat optik. Bila anda rasa masih kurang anda juga bisa mengganti koil yang lebih bagus, tetapi hal itu tidak saya lakukan mengingat budget yang sedikit. Untuk memodifikasi itu semua saya harus rela merogoh kocek hingga 440rb, tetapi saya cukup puas karena peningkatkan tenaga cukup signifikan walaupun belum melakukan pengetesan lewat dynometer dan CDI yang saya pakai unlimiter. Perlu diingat seluruh modofikasi yang telah saya beberkan tadi untuk motor saya JupiterZ keluaran 2006.

Berikut adalah spesifikasi CDI BRT HyperBand:
Tegangan Kerja:12 s/d 18 Volt
Konsumsi Arus:0.1 s/d 0.8 A
Putaran Mesin:400 s/d 20.000 RPM
Ignition Timing (Idle):12 s/d 15 BTDC
Advance Timing:27 s/d 42  (Lihat Label di CDI)
Used:Standard, Racing, Kompetisi
CDI Type:DC
Ignition Control:Digital – Microcontroller (Powered by Philips Semiconductor)
Standarisasi:JASO/JIS/UL (Japan Standard)
Protection:Automatic Low Voltage Protection



Saya mau memberi sedikit tambahan. Bila anda sudah mengganti CDI standard anda dengan CDI BRT, saya sarankan untuk TIDAK  mengganti koil standard anda dengan koil racing. Pasalnya, pihak BRT pernah mengklaim kalau seluruh produk yang mereka buat diuji dengan koil standard dari pabrik motor itu sendiri. Beda dengan CDI XP 2002 yang melakukan penelitian koil racing dan standard. Sebagai ilustrasi bila anda mengganti CDI standard ke CDI BRT akan ada peningkatan tenaga sekitar 0,8 HP, bila anda mengganti koil racing maka akan ada peningkatan tenaga sekitar 0,3 HP. Tetapi bila anda mengganti keduanya maka belum tentu peningkatan tenaga menjadi 0,8 + 0,3 = 1,1 HP bisa jadi kurang dari itu. Dampak lainnya CDI BRT anda akan cepat rusak atau mati.

Lalu karena banyaknya pertanyaan tentang keberadaan kabel busi spilt fire itu, di sini saya tekankan bahwa tidak harus menggunakan kabel busi merek itu, yang terpenting adalah bahannya yang terbuat serat optic

KOREK HARIAN YAMAHA JUPITER Z 130CC

Aplikasi korek mesin bukan hanya berujung pada penggunaan motor di lintasan balap a.k.a Circuit, juga ga harus bikin motor wajib ngandang di bengkel mulu karena emang udah ga bisa dipake harian, dan terus menerus di riset untuk perkembangan dan maintenance. Yang satu ini korek mesin untuk Jupiter Z dipake ngampus oleh sang empunya.
Pinky Jupie...
Pinky Jupie...
Korek harian bisa saja  dibatasi oleh rasio kompresi dan bahan-bakar yang akan dipakai, karena pilihan di pompa bensin cuma ada premium untuk kompresi 9 : 1 hingga pertamax plus yang kuat menahan kompresi 11:1, tapi untuk part lain bebas dan tidak ada aturan mau seberapa ekstreme hehehehee…
Piston KAZE

Piston KAZE
Seperti yamaha jupiter z yang satu ini, modif pertama yang disasar adalah meningkatkan kapasitas mesin dari 110cc menjadi 129cc yang ditempuh dengan cara menebus piston Kawasaki Kaze oversize 1.75. Agar masih dapat digunakan sehari-hari maka liner bawaan pabrik pun dilengserkan dan diganti dengan boring milik Kawasaki Kaze, hanya saja panjangnya perlu disesuaikan dengan milik Jupiter Z.
Kelar menata rasio kompresi, maka selanjutnya menyasar pada diameter porting intake yang reamer sebesar 22mm agar mampu diajak berlari penuh tenaga di putaran mesin 10,000 RPM. Noken As pun tak luput menjadi sasaran modifikasi, dijadikanlah noken as racing jupiter z dengan durasi ditentukan 282 derajat dengan lift 8.1mm untuk intake dan 7.9mm untuk exhaust.
Noken As papasan
Noken As papasan
Knalpot menebus punya bang Asep Hendro dari AHRS Factory tipe lama, CDI cukup mengandalkan CDI Digital Varro. Sebagai pengunci ubahan modifikasi dipilihlah karburator KOSO 28mm untuk mendampingi keseharian kuliah. Kalau diselah, duh bunyinya bikin ribut satu kampung huekkehheueukeek… :)
Knalpot Asep euuyyy..
Knalpot Asep euuyyy..
Sebagai pendukung penampilan cover body dilengserkan dan diganti labur warna pink -kesannya Gay banget ya hehehehheh sorry bro no offense- katanya biar keliatan centil motornya tapi begitu di gas Garang! Yaaahhh… mirip si Susy yang imut dan centil tapi kalo lagi marah bisa jadi Susilo! Huakakakakakak
Pokoknya tetap sehat tetap semangat biar bisa Gas Polll…!!!
Spesifikasi teknis : Porting inlet 22 mm , porting exhaust 20mm, Piston Kawasaki Kaze, Klep inlet dan exhaust Honda Legenda, Camshaft Vega papasan, Rocker arm Vega Lama, Pir Klep Suzuki Shogun, knalpot AHRS dimodif ulang, kampas kopling Honda Grand, pir kopling Yamaha RX-King.

Selasa, 22 Januari 2013

cheat perjuangan semut

Kali ini saya membahas tentang cheat perjuangan semut, bagi anda yang suka memainkannya anda pantas mencobanya, simak baik-baik ya.




Download Cheat Perjuangan Semut Terbaru 2012 - Informasi Terbaru 2012 Ini sih sebenarnya saya sendiri belum pernah nyoba cheat yang satu ini, tapi saya rasa gak ada salahnya kalo saya juga berbagi kepada sobat semua para peminat Game ini, Nah untuk sengkapnya mengenai Cheat Perjuangan Semut Terbaru 2012 ini silahkan simak baik2 ya.

Cheat Perjuangan Semut Terbaru Mei 2012

Untuk melakukan Cheat Perjuangan Semut Terbaru 2012. Alat-alat yang dibutuhkan diantaranya :Charles Web Proxy Bisa anda download Disini

Cara Pakai :
  1. Buka game Perjuangan semut anda dan kemudian buka tas anda
  1. Download dan Instal Charles Proxy tadi
  1. Buka Charles Proxy anda
Gimana? mudah bukan? selamat mencoba Download Cheat Perjuangan Semut Terbaru 2012semoga bermanfaat bagi anda semua.

korek mesin Satria R 120


Korek Mesin Satria R 120 Untuk Harian, sebenarnya ini untuk temen saya juga yang bernama kiekie dia kepengen jadiin motor satria r-nya ini, ok bagi kamu yang punya motor ini harap ikutin petunjuk ya... :)





Mesin korek harian (blok n head), kalo dah ga sayang boleh juga oversize 50 (cc naik 2,1) atau oversize 100 (cc naik 4,2), klo ga percaya coba diitung pake rumus deh! Tapi gerak piston n silinder jangan sampe seret, dibikin agak longgar aja (naik turun piston lancar).

Biar ga ketinggian kompresi head n blok pake paking 1, trus piston di papas kiri kanan (jarak harus sama) mulai dari tepi atas sampe mepet linier ring seher atas.
Jangan lupa spuyer2 dinaikin (pilot 40-50 tergantung mana yg lebih sip), lepas saringan boleh tapi kalo bisa pake saringan udara racing yg bahannya foam/busa (merk MCC, KITACO). Kalo pake saringan tarikan atas jadi bagus, kalo ga tarikan atas jadi kurang (top speed kurang dapet).
Pengapian standar dah cukup, tapi kalo mo lebih bagus lagi ya ganti racing, busi iridium, koil BLUE THUNDER (KITACO kurang bagus!), CDI standar cukup.
Pas setting karburator minta setting kering aja, karena kalo basah jadi agak rewel, trus pin skep cukup ditengah aja, kalo pingin lebih boros lagi ya tinggal pake paling bwh toh! Trus kalo mau sih tetep pake langsam, karena pake ato ga sama aja, loe malah ga cape main gas (bikin boros), harian kan?! 
Setel oli samping jangan terlalu boros, perkiraannya asap jangan terlalu banyak. Trus cukup pake yg semi sintetik aja, pake yg full ga terlalu pengaruh, alias sama aja!!
Nah skrg sampe di knalpot. Pake bobokan boleh asal bagus aja, tapi saran gw beli knalpot yang tipe lehernya sempit memanjang kayak punya ninja gitu! Biar napas motor loe ga cepet abis alias panjaaaang! Merk AHRS, AHM, Spyder juga ada, merk ga penting lah, asal bahannya bagus!
Kalo mo lebih komplet lagi, pake cakram gede (setting kampasnya jangan sampe seret!), kabel rem racing depan belakang, per kopling ganti racing biar tarikan jadi spontan yah!
Ganti juga gigi primer +/- Rp. 250rb harganya, trus ban pake aja ukuran 90/70-17 depan belakang, buat jalan ga rata bagus rebahnya (ga jln di sirkuit kan?) ga usah battlax lah! Sebenernya pake ban belakang ukuran 100/70-17 lebih lengket lagi, tapi anginnya lo bikin 35
Punya duit lebih? Ganti monoshock pake punya NSR (ga usah yg ori pake merk YSS Rp. 250rb - Rp.300rb), per lebih tebal jadi ga goyang pantatnya, pas pasang jangan lupa dudukan di ganjal pake ring pelat soalnya punya NSR dudukannya lebih kecil.
Motor loe tinggal diisi pertamax, ga perlu yg plus kok. Ingat! oli samping jangan diisi langsung ke tangki biar takarannya pas n ga berubah2, oke! 
Nah soal bodi, loe papas aja spakbor depan bagian belakang kira2 separoh, biar mesin kena angin lebih banyak aja, kan mesin loe dah jadi lebih panas, ingat jangan lepas sayap sama sekali, karena pengaruh ke aerodinamika motor loe (coba loe liat mtr road race yg jawara2).
TIPS:Coba kejar RX-KING dulu, kalo ga dapet turunin lagi klip skep ke paling bawah, trus stel lagi angin motor loe, kalo KING dah kena coba kejar TIGER di jalan yg panjang, kalo masih ga bisa nempel tinggal lo ganti gear belakang loe yang 1 ato 2 mata lebih kecil, TIGER dah lewat coba loe kejar CBR 150, bisa nempel ga loe??!! (itu kl lo punya nyali lebih ya). Kalo kalah ato berat ngejar bebek tertentu, king, ato tiger, berarti motor2 itu speknya dah korek abis2an, mungkin udah bore up gede2an.
POKOKNYA BIJAKSANALAH MEMILIH LAWAN BALAP, OKE!
*MOTOR LOE JADI MOTOR KOHAR PALING OKE DAH! mesin ga rewel, ga terlalu boros (PAKE LANGSAM LOH!) n yang penting tetep oke buat harian..


5 Game FPS yang harus di tunggu para gamer



Kalo ini game yang harus di mainin oleh gamer yang senang game fps, kalo anda senang game fps wajib mainin game ini ya..



Masihkah kita hidup untuk menikmati genre kesayangan kita ini ? Karena kiamat 2012 sudah dekat!! – Kita lihat kelanjutanya di Assassin’s Creed III nantinya.
CALL OF DUTY TERBARU


Okay, kita tadi cuman bercanda. Sekarang waktunya kamu melihat game apa saja yang wajib ditunggu di tahun 2013 mendatang . Bila perlu upgrade atau update firmware (bagi pengguna console) sebagai langkah awal.
Release Date: Unknown / TBA
call of duty 5 Game FPS yang Wajib Ditunggu di tahun 2013
Walaupun Black Ops II baru dirilis 2 bulan lagi. Namun jangan lupa, Infinity Ward akan membuat seri lanjutan dari Call of Duty – setelah Black Ops tentunya. Entah itu seri Modern Warfare atau seri terbaru yang lain. Jangan lupakan untuk memasukan Call of Duty ke dalam daftar gamemu
BATTLEFIELD IV
Tanggal rilis:Akhir October 2013

Battlefield 4 5 Game FPS yang Wajib Ditunggu di tahun 2013
Selain COD, jangan lupakan rivalnya – Battlefield series. Walupun sempat menimbulkan kecemasan karena BF 3 akan terancam tidak di dukung. Jangan khawatir, baik EA dan DICE bersepakat untuk tetap men-support BF 3 sampai beberapa tahun ke depan. Baik Battlefield IV sendiri tidak serta merta akan meluncur di tahun 2013, mungkin menunggu kehadiran console next-gen selanjutnya
BIOSHOCK INFINITE
Tanggal rilis : Oktober 2012
Bioshock 5 Game FPS yang Wajib Ditunggu di tahun 2013
Sebuah prekuel dari 2 seri Bioshock sebelumnya. Menceritakan project rahasia tentang Columbia – sebuah kastil terbang yang berusaha di hancurkan oleh sekelompok organisasi yang tidak di kenal. Selain setting yang bertempat di atas udara. Memberikan ruang gerak dan interaksi kombat yang interaktif, membuat Bioshock masuk ke dalam daftar game yang wajib di tunggu di tahun 2013
CRYSIS 3
Tanggal rilis: Februari 2013
Crysis 5 Game FPS yang Wajib Ditunggu di tahun 2013
Dikarenakan Cry Engine 3 berhasil membuat kota New York menjadi hutan belantara. Merasakan keindahan hutan Amazon di New York? Itulah sempat terbersit di benak kami. Selain itu Pertarungan antara Prophet dengan insiden yang terjadi di Crysis 2 sebelumnya membuat kisah dalam Crysis 3 menjadi kian menarik. Apalagi Prophet membawa busur panah, membuat game ini menjadi keren – tidak melulu harus menggunakan senjata api, AC III juga membawa senjata busur panah hingga Tomb Raider pun juga. Jadi kami memutuskan untuk memasukannya ke daftar tunggu kami.
RAINBOW SIX: PATRIOTS
Tanggal rilis: 2013 / TBA
Tom Clancys Rainbow 6 Patriots Wallpaper in hd 640x400 5 Game FPS yang Wajib Ditunggu di tahun 2013
Sebuah konpirasi yang terjadi di Amerika, The Patriots – sekelompok orang yang hendak merevolusi Amerika dengan caranya sendiri. Di sinilah tugas Rainbow Six berada, walaupun detail game ini masih belum berlanjut. Ubisoft sebagai publishernya tidak akan mengecewakan gamers (kecuali DRM nya kembali dipergunakan lagi, itu jadi lain soal). Kita tunggu saja
Oke, itu kelima game yang patut kamu tunggu di tahun 2013. Walaupun beberapa masih rencana, namun cukup membuatmu antusias dan mempersiapkan rig-mu agar mampu menjalankannya dengan lancar

DAFTAR 10 GAME TERBARU 2013



Kali ini saya posting game-game yang wajib di tunggu para gamer.


Tahun 2013 akan menjadi salah satu momen yang membahagiakan bagi para PCgamer. Bagaimana tidak, dari awal hingga pengujung tahun, para gamer tersebut akan dimanjakan dengan kehadiran berbagai judul game menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Salah satu game PC yang layak untuk dicoba tahun 2013 ini adalah Tomb Raider Reboot. Awalnya,game yang satu ini direncanakan hadir pada tahun 2012 lalu. Namun, demi alasan penyempurnaangame ini, Eidos dan Crystal Dynamics, pihak pengembang game, mengundur waktu rilis game ini hingga 2013, tepatnya pada 5 Maret.
Tomb Raider versi baru ini akan menceritakan pengalaman paling pertama dari Lara Croft. Di gameini, Croft, karakter utama dari game ini, tidak akan digambarkan sebagai orang yang kuat seperti seri Tomb Raider sebelumnya. Di sini akan ditampilkan Croft muda yang terdampar di sebuah pulau. Ia akan banyak berjuang dan belajar untuk bertahan hidup.
Selain hadir di PC, Tomb Raider Reboot juga akan diluncurkan untuk platform PS3 dan XBOX 360.

PC Gamer

Game lain yang tidak boleh dilewatkan di tahun 2013 adalah seri kelima dari Grand Theft Auto (GTA). Sebenarnya, kehadiran game ini untuk perangkat PC masih diragukan. Rockstar, pihak pengembanggame, pernah mengungkapkan rencana mereka untuk tidak membawa game ini ke perangkat PC.
Reaksi yang cukup keras hadir dari para PC gamer akibat keputusan tersebut. Mereka menuntut Rockstar untuk tidak melupakan PC. Untuk merayu Rockstar, para gamer pun sempat membuat sebuah petisi.
Hingga saat ini, pihak Rockstar memang belum mengeluarkan komentarnya terkait petisi tersebut.  Namun, apabila Rockstar mengubah pikirannya, tentunya game ini tidak boleh dilewatkan oleh para PC gamer.
Berikut 10 game yang patut ditunggu di 2013, seperti dikutip dari PC Gamer, Jumat (4/1/2013).
1. Tomb Raider Reboot. Publisher: Square Enix. Rilis: 5 Maret
2. Star Wars 1313. Publisher: LucasArts. Rilis: Akhir 2013
3. Grand Theft Auto 5. Publisher: RockStar. Rilis: Pertengahan 2013.
4. Crysis 3. Publisher: EA. Rilis: Februari 2013
5. Battlefield 4. Publisher: EA. Rilis: Akhir 2013
6. Seri Call Of Duty Terbaru. Publisher: Activision. Rilis: Akhir 2013
7. Grid 2. Publisher: Code Master. Rilis: Kuartal 2 2013
8. Dragon Age 3. Publisher: EA. Rilis: Akhir 2013
9. Sim City. Publisher: EA. Rilis: 8 Maret
10. Game simulasi sepak bola, seperti FIFA 2014 dan PES 14. Publisher: EA Sports dan Konami. Rilis: September 2013
Tentu, masih banyak judul game lain yang ditunggu-tunggu kehadirannya di tahun 2013 ini. Mari, sampaikan judul game itu melalui fitur komentar.





kali ini saya membahas korek mesin beat, ini sebetulnya untuk temen saya yang bernama reyhan dia kepingin beatnya kenceng, nah ini tips buat para pencita beat ya.


KOREK UPGRADE PERFORMA SKUTIK HONDA BEAT; BIAR SEKENCENG FU DAN CBR :)


Baca majalah bebrapa waktu yg lalu mengenai dibukanya Road Race kelas Matic standar dan 130cc bikin ane ngiler buat mulai riset ngencengin Honda Beat anak gw…hehe. saat ini langkah-langkah dongkrak performanya masih dirumusin di dalam kepala…alias masing di angan-angan..hehe…
nantikan realisainya sesempetnya… :)
1. Turunin Shock depan
..wkwkwk…menu wajib neh…ane turuni sekitaran 4 cm. gamppang aja, tapi sekrup pemegangnya cuman bisa kepsang sejauh ini aman aja…penampilan jadi rada nungging..jadi bagian depan Beat yang cungkrin rada terbantu… :)
2. CDi  dan koil Racing
Karena CBR ane sekarang lagi coba pake CDi BRT maka koil XP yang terpasang ane copot…nah ane dah rencana mo pasang koil XP yang dah ada ground strapnya tersebut ke Beat ane. Pas servis kedua kemarin ane tongkrongin mekanik di AHASS deket rumah buat ngintip cara bongkar pasang tuh motor.
Cuma pas gw nanya letak koilnya….masya Alloh..ternyata jaraknya jauh banget ama cop busi..40 senti-an kali….jadinya koil XP yag bekas CBR ane yg panjang kabelnya cuman 10 sentian ga bakalan bisa dipanag..Hiks. jadinya niat untuk pasang koil limbah tersebut tertunda dulu…hehe…
3. Filter udara aftermarket….ato custom….blum neh
4. Knalpot free flow….. dah ngincer knalpot CLD karena hasil dynonya paling OK pas dikomparasi majalah Otomotif 3 minggu yg lalu…sayang blum kebeli..hiks.. :)
5. Upgrade pengapian
Lagi-lagi Beat ane dapaet limbahan part racing dari si CBR. kali ini DC booster yang pindah tempat…ane pasang di Beat. Hasilnya cukup liumayan…tarikan jadi berasa lebih padet (perasaan ane loh ya :) )
Tapi yang paling penting saya ga perlu kuatir motor bakalan tekor akinya dan ga bisa distater…soalnya demi mengejar penampilan, Honda Beat saya tidak dipakein stater engkol…hehe…sebenernya siy engkolannya suka saya bawa dibagasi…tapi trus jatuh ilang ga tau kemana. klo aki tekor kan gwat, ga bisa ngidupin motor. nah dengan DC Booster ini stater selalu tokcer…hehe…
6. Jetting ulang karbu
Dari yg ane baca PJ Beat (seharusnya) ama dengan PJ CBR..seharusnya juga sama dengan PJ karbu PE28…nah kebeltulan saya punya PJ PE28 ukuran 38..rencana mo ane pasang di Beat. Pas servis kedua ane dah wanti2 ke mekanik yang ngerjain motor saya untuk sekalian ganti PJ standar dengan ukuran 38 punya PE tersebut. si mekanik ngangguk2 aja tanda setuju…ane juga dah sipain tip buat ngasih ke mekanik tersebut…hehe. Tapi ternyat kenyataan tak selalu seindah harapan…cie…ternyata beda sodara-sodara…PJ PE ga bisa kepasng ke Beeat. jadinya jeting karbu masi pake standar…hehe…ga penting banget yah infonya… :)
7. Upgrade CVT system
8. sgsg
sgsg
Sekian dulu…bersambung !
salam

Alif Sesar

korek mesin blade







kali ini saya membahas korek mesin balde, kenapa saya membahas ini? karena temen saya yang bernama Aan ingin mengorek mesin bladenya, nah sekarang saya kasih tips sederhananya saja bagi anda yang mempunya balde. liat petunjuknya ya... 




Untuk menambah performa honda blade dengan spek harian bisa dicoba dengan tips sederhana dari saya dengan langkah-langkah berikut ini:
1. Porting saluran in and ex. Tujuannya untuk lebih mempermudah dan mempercepat aliran bahan bakar (bensin dan udara) yang masuk ke ruang silinder sehingga pembakaran lebih cepat dan menghasilkan tenaga lebih bagus.
2. Menambah kompresi dengan memapas head silinder sekitar 1 mm. Dengan kompresi yang lebih besar tendangan balik di piston akan lebih besar hasilnya torsi dan power akan naik.
3. Corter silinder oversize 50 atau 75, ini bertujuan agar bahan bakar yang masuk ke ruang silinder volumenya lebih banyak dan kompresi lebih besar.
4. Konsumsi BBM. Menggunakan pertamax atau pertamax plus.
5. Ubah sistem pengapian menjadi semi racing, paling mudah dengan mengganti CDI racing harian.
Demikian, dengan langkah diatas saya yakin performa motor Anda akan lebih bagus dari sebelumnya. Tapi perlu diketahui bahwa efeknya pemakaian bahan bakar akan sedikit lebih boros ya bro.
Demikian, semoga membantu.
Salam
Alif Sesar


Korek Mesin Mio 'untuk harian'


kalo kali ini saya bahas tentang mio, kalo anda punya mio saya saranin ikutin ni petunjuk, ok?


Korek Motor Mio Harian

image
Buat korek motor Mio Balap Harian


korek motor step 1>> ganti knalpot racing (dan pilot jet kalo perlu),roller, per cvt,...(dengan ubahan ini tidak akan menambah top speed, tapi akselerasi bertambah).estimasi biaya :
knalpot:(HRP) kisaran 200rb
(AHM)kisaran 350-400rb
(yy pang) kisaran 250-350 rb
(endurance) kisaran 500-600rb
(DBS) kisaran 1,2-1,4 jt
(TDR) kisaran 800 rb...dsb msh bnyk lg...
*masing-masing knalpot punya spek sendiri..enak di rpm bwh, medium, atau high, atau gabungan diantaranya..
roller: satu buah paling 9rb atu 10 rb..
pakai kombinasi 9gr-11gr, atau 10gr-10,8gr(std)... (yg paling umum utk mtr std), atau terserah anda..tergantung di rpm berapa anda ingin bermain..
per cvt: ada merk lhk,cld,kitaco,barra,dsb...kisaran 80-110rb..
per cvt yang merah untuk 2000rpm,yang putih 1500rpm..
step 2>> papas head 0,5-0,8 mm,noken as racing,per klep racing, koil racing,CDI racing unlimiter...(nah di tahap ini mulai serius karena ada beberapa part std yang kena bubut, dan mesin mulai dibongkar-bongkar..)
Papas head: 0.5-0,8 mm..kisaran paling 25 rb..tergantung
bengkel bubutnya, dan ongkos bongkar head cyllinder
+ skir klep..kisaran 50rb,75rb tergantung bengkel
noken as racing: beragam merk CLD,LHK,KAWAHARA, kisaran harga
sekitar 300rb-450rb..
*masing-masing noken as punya spek sendiri ada
yang korek harian atau kompetisi, dibedakan atas
derajatnya..misal-280drajat,sampe 330 drajat
*jika mengganti noken as dgn yg racing, maka per
klep jg hrs diganti yg lebih keras(racing) untuk
menghindari klep floating pada putaran atas.
merk beragam sama spt diatas..
*tenaga pada mesin 4 tak (4 stroke) yg besar,
berasal dari modifikasi head (utk kompresi), dan
durasi noken as !!
koil racing: ada beberapa merk: XP andrion,blue thunder,nology,
CLD,kitaco,,,dsb harga kisaran 150rb-250rb..
*koil akan bekerja maksimal jika juga dilakukan
perubahan pada CDI.
CDI racing : Ada beberapa merk: XP,black hawk,kitti,shindengen,BRT,
kitaco,rextor,dsb...kisaran 250-1jt..
*beberapa CDI racing ada yang yang bisa diprogram
(programmable), dan ada yang dual band..
*masing-masing CDI tsb mempunyai spek derajat
pengapian yang berbeda..(tanya penjual)
* NOTE: produk yang baik pasti akan menyertakan
spek nya pada kemasan..
step 3>>membesarkan CC alias Bore UP!!!!
ini adalah step yang paling sangat serius walaupun masih dapat digunakan untuk harian.banyak part yang harus diganti untuk mengimbangi besarnya tenaga..dan agar tenaga yang besar tsb dapat maksimal..
banyak merk di pasaran untuk blok bore up:
merk eon (diameter 58,5mm) kisaran 600-750 rb (yg ceramic)
merk RRGS (diameter 58,5) kisaran 700-850 rb
merk posh..(hilang di pasaran)...dsb
jika piston diganti dengan ukuran 58,5 mm maka mio/nouvo akan bengkak menjadi 155cc (dengan stroke std)..
untuk merk RRGS juga terdapat hingga diameter 73mm (kalo ga salah)..tapi yang pasti diatas 58,5 mm maka crankcase harus dibubut...
untuk paket yang lebih murah, jg terdapat piston merk HI-speed dengan uk.69mm ke atas (tanpa blok)..bisa didapat di harapan motor (cineng)kebon jeruk III, atau MC racing..
atau untuk pembesaran hingga 125 cc dapat digunakan piston daytona khusus untuk mio/nouvo.. bisa didapat di daytona ciledug (sebelah raja motor).
setelah pembesaran diameter piston maka selanjutnya adalah pembesaran diameter klep,bisa memakai klep sonic atau shogun atau dapat dibeli paket yang langsung plek beserta head cylinder..
bisa didapat di matic shop ciledug, JP racing, Raja motor ciledug,matic corner cinere,dsb....harga kisaran 1,2-1,8 jt..
jika anda memodifikasi sendiri head cylinder, harap diperhatikan Squish yang diaplikasi...
untuk mengimbangi tenaga yang besar, maka belt harus kuat (kevlar) walau untuk harian belt std jg msh dapat diandalkan. juga rumah roller (variator) harus diganti dgn yg lebih besar (kitaco,RRGS,TDR,...dsb)...
setelah itu adalah penyaluran tenaga yaitu gigi rasio...
penggantian rasio tergantung dengan trek (harian, drag, atau road race)...tapi untuk herian yang kadabg-kadang dipakai berboncengan gigi rasio std nouvo udh lmyn panjang...
kemudian hal yang vital yang harus diganti adalah karburator..
biasanya memakai keihin PE 28,krn harganya lmyn terjangkau...kisaran 450-550rb...dan selanjutnya adalah setting spuyer (main jet-pilot jet)...
modifikasi diatas biasa dilakukan pada motor mio/nouvo...
semuanya tergantung mekanik atau bengkel yang menjadi bidan motor anda...
untuk step 2 dam step 3 yang pasti top speed bertambah tergantung ubahan yang dilakukan dan keberanian anda....

daftar harga-harga noken as racing

kali ini saya membahas tentang motor lagi tapi tentang harga-harga noken as racing nih









KAWAHARA
Ada tiga tipe : tipe K1: tipe K2: tipe K3Untuk K1 dan K2 biasadipakai racing harian,lift,overlap dan LSA tidakterlalu ekstrim.Sedanguntuk K3 untuk racingEkstrim.DATA KAWAHARA K1Klep in(durasi):16+180+47 = 237 derajatKlep ex(rurasi) :53+180+13 = 239 derajatLif in : 8 mmLift ex : 8 mmLSA : 98 derajatHarga : 350 ribuDATA KAWAHARA K2Klep in(durasi) :11+180+57 = 248 derajatKlep ex(rurasi) :41+180+31 = 252 derajatLif in : 8,75 mmLift ex : 8,56 mmLSA : 103 derajatHarga : 400 ribuDATA KAWAHARA RACINGONLYKlep in(durasi) :28+180+60 = 268 derajatKlep ex(rurasi) :60+180+31 = 252 derajatLif in : 10,33 mmLift ex : 8,89 mmLSA : 113 derajatHarga : 600 ribuTDRNoken As / Kem TDRracing memang pantasuntuk harian dan Racing,Durasi dan LSA sangataman dalap overlapsehingga tidak salingbentur antar klep.Bahkanuntuk klep lebarsekalipun.DATA Noken As / Kem TDRKlep in(durasi):13+180+45 = 238 derajatKlep ex(rurasi) :41+180+22 = 243 derajatLif in : 8,4 mmLift ex : 7,93 mmLSA : 94,5 derajatHarga : - ribuMARATHONNoken As / Kem keluaranMitra2000 sangat lakudipasaran.DATA Noken As / Kem NewMarathonKlep in(durasi):16+180+50 = 246 derajatKlep ex(rurasi) :41+180+9 = 230 derajatLif in : 7,78 mmLift ex : 7,53 mmLSA : 112,5 derajatHarga : 250 ribuNEW CLDHampir mirip marathon,bahkan lebih bagusmendongkrak power daripada marathon. CLDsingkatan dari ciledudatau Champion leaderdevelopment. Kem atauNoken as ini lebih kerasatau setara denganNoken As standartpabrikan.Klep in(durasi):17+180+48 = 245 derajatKlep ex(rurasi) :49+180+13 = 242 derajatLif in : 7,82 mmLift ex : 7,82 mmLSA : 105 derajatHarga : 400 ribuHRPHRP(HendriyansyahRacing Produk) buatanpentolan pembalapnasional Hendriyansyah.Durasi kem ini mirip kemCLD, yang mempunyaikarakter halus untuk dipakai harian. Enak untuktrek pendekKlep in(durasi):18+180+43 = 238 derajatKlep ex(rurasi) :49+180+13 = 252 derajatLif in : 7,35 mmLift ex : 7,33 mmLSA : 102 derajatHarga : 300 ribu

Cara membedakan asli/palsu karbu PE-28

KARBU KEIHIN PE28 ORIGINAL
1. PE Thailand versi lama: ciri2: Warna body gelap, tidak ada tulisan keihin di botol skep, skep panjang, jarum tidak bisa disetel, pj 42s/mj 152 keihinpelampung warna kecoklatandan tidak bisa disetel, ada bekas patahan di mangkok karbu (patahan lubang untuk nyantolin selang napas) Kode Part Di Ketrik (Bukan cetakan) tempat jarum pelampung masuk Berwarna Stainless.
2. PE Original bawaan NSR SP: Ciri² sama seperti No.1 Pelampung Warna Coklat (Bukan putih merah gelap kena Pertamax Plus)
3. PE Thailand versi baru Pabrik, ciri2: Warna body gelap, tidak ada tulisan keihin di botol skep, skep panjang, jarum tidak bisa disetel, pj 42s/mj 152 keihinpelampung warna putihdan tidak bisa disetel, ada bekas patahan di mangkok karbu (patahan lubang untuk nyantolin selang napas) Kode Part Di Ketrik (Bukan cetakan).
4. PE Thailand Box segel Honda spare part resmi NSR SP (ori beres),ciri2: SEMUA persis dengan PE Thailand versi lama atau baru, sampe ke lekuk2 dan noda2 bekas molding nya, yang berbeda hanya pelampung berwarna agak kecoklatan Muda.
5. PE Japan/ SUDCO (ex SE trail KX125 dan RM125): Warna body gelap, ada tulisan keihin tebal dan besar di botol skep, skep pendek, jarum warna kuning dan bisa disetel, pj lupa mj 150 (hexagon) ada tutup pj/mj nya warna putih, pelampung warna hitam dan bisa disetel, nosel buta, mangkok karbu ada baut segi 6 dan ada bolongan untuk cantolin selang napas, adatulisan made in japan di bodi karbu.
6. PE 28 TDR: Ciri² sama seperti No.1 Pelampung Warna Putih tidak bisa di setelJarum Skep sudah model Racing bisa disetel, pada Mangkuk Karbu ada Logo TDR yang di Embossdan Stiker hologram, kode part ketrikan.
7. PE 28 KAWAHARA: Ciri² sama seperti TDR Pelampung Warna Putih tidak bisa di setel, Jarum Skep sudah model Racing bisa disetell, pada Mangkuk Karbu ada Logo Kawahara kode part ketrikan.
KARBU KEIHIN PE28 KW / Copy
1. PE Thailand KW 1: Warna body mirip2 sama PE Thailand ori cuma agak gelap, finishing agak kurang rapih, lekuk2 luar dan daleman bekas moldingan agak berbeda dengan Thai ori, tidak ada tulisan keihin di botol skep, skep panjang, jarum tidak bisa disetelpelampung warna putih dan bisa disetel (setelan dari logam), tempat jarum pelampung masuk terbuat dari kuninganKode Part Cetakan.
2. PE Thailand KW 2: Warna body mirip2 sama PE Thailand ori, finishing agak kurang rapih, lekuk2 luar dan daleman bekas moldingan agak berbeda dengan Thai ori, tidak ada tulisan keihin di botol skep, skep panjang, jarum tidak bisa disetel, pelampung warna putih danbisa disetel (setelan dari logam), tempat jarum pelampung masuk terbuat dari kuningan,Kode Part Cetakan PJ & MJ nggak ada angkanya, Lubang² Nozel dan Head Nozel tidak presisi, cetakannya kasar.
3. PE Thailand KW 3: Warna body Lebih Terang dibanding PE Thailand ori, finishing agak kurang rapih, lekuk2 luar dan daleman bekas moldingan agak berbeda dengan Thai ori, ada tulisan keihin di botol skep tapi ada juga yg tidak ada, skep panjang, jarum tidak bisa disetel tp ada juga yg bisa disetel, pelampung warna putih dan bisa disetel (setelan dari logam), tempat jarum pelampung masuk terbuat dari kuningan, Kode Part Cetakan PJ & MJ nggak ada angkanya, Lubang² Nozel dan Head Nozel tidak presisi, cetakannya kasar.
4.PE Thailand Super Copy Warna body gelap sama persis dengan Original, tidak ada tulisan keihin di botol skep, skep panjang, jarum tidak bisa disetel, pj 42 (Tanpa huruf ‘S’)/mj 152 keihinpelampung warna putih, ada bekas patahan di mangkok karbu (patahan lubang untuk nyantolin selang napas) Kode Part Di Ketrik (Bukan cetakan), <— hati² dengan yang inidari tampilan body dan ciri sama persis dengan original, bedanya dibahan dan kualitas yg beda, kalau biasa megang yang Ori pasti bisa ngebedainnya :) .
5. PE Taiwan, ciri2: Warna body terang, ada tulisan keihin kecil di botol skep, finishing kasar, skep pendek, jarum bisa disetelpj/mj polos, pelampung warna putih dan bisa disetel (setelan dari logam).
KARBU PE28 KW MEREK MIKUNI :(
1. PE 28 MIKUNI KW lah pasti: Warna body mirip2 sama PE KW cuma agak gelap, finishing agak kurang rapih, lekuk2 luar dan daleman bekas moldingan agak berbeda dengan Thai ori, ada tulisan MIKUNI Tebel banged di botol skep, skep panjang, jarum tidak bisa disetel, pelampung warna putih dan bisa disetel (setelan dari logam), tempat jarum pelampung masuk terbuat dari kuningan, Kode Part Cetakan, Dus BOX Mikuni.

Ini semua hanyalah hasil pengamatan diri sendiri dan Sharing dari temen² di Forum dan dibengkel, sori kalau ada yang salah ya. Supaya kita lebih cermat dalam memilih karbu pe28 yang sekarang banyak gak jelas

Silahkan perhatikan melalui gambar berikut:
KARBU KEIHIN PE28 ORIGINAL
Image
Karbu PE Ori Model Lama / Bawaan NSR SP
Image
Image
Pelampung Karbu PE Ori Thai Keluaran Baru (Ciri: Pelampung tidak bisa disetel sama seperti PE versi Lama)
Image
Pilot Jet / Mainjet: 42s/mj 152 K (ada Huruf ‘S’ dibelakang angka 42) (photonye ngeblurr :Dhihi)
Image
Pelampung Karbu Versi lama (Bawaan NSR SP) (Pelampung tidak bisa di setel)
Image
***********************************************************************************************************************
ada juga Karbu PE28 Versi Original Pabrikan yang menjual Produk Racing, seperti Kawahara dan TDR, Berikut penampakannya;
Image
Image
KARBU KEIHIN PE28 KW / KW SUPEER
Image
Image
warnanya pun untuk keluaran KW ada yang sangat terang, seperti di poles :p
btw, ternyata ada juga karbu PE28 KW dengan merek Mikuni :)
berikut penampakannya;
Image
Image
Semoga BLOGers nggak salah pilih Karbu PE yg beredar di pasaran saat ini..
jangan sampe beli Karbu KW harga Ori :p


Karbu Keihin PE28 Reameran Pabrik
Karbu Reameran Pabrikpun Lebih Kinclong dari reameran yg biasa dikerjain bengkel :p
Sesuai namanya, karena lubang karbu sudah diReamer alias perbesar Diameter sesuai kebutuhan Jetting Mesin dan CC yang makin meningkat
banyak dipasaran yang sudah menjualnya dari ukuran 30 – 30,5 – 31 – 31,5 – 32 – 33 mm
yak direamer dengan cara menambah Lem Ceramik di sekitar area yg akan direamer supaya tidak bocor.
nah Cermati cara Pemilihannya masbro :)

Image
Image
Karbu PE Reameran ada 3 Dipasaran jenisnya
1. Karbu PE Original Reameran Pabrik: Reamerannya sangat Rapih Mulus dan Kinclong
2. Karbu PE Original Reameran Bengkel Bubut pinggir jalan: Reamerannya ngk serapih pabrik dan agak kusam
3. Karbu PE KW Reameran: Reamerannya Rapih tapi kusam.
cara membedakan yang Ori dan KW yah kembali liat postingan diawal :p


Image
Image
Gambar PE Original Reameran Bengkel Bubut pinggir jalan:
Image
Image
Image
yang Reameran KW gw nggak ada Photonya :p hihi
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Keihin PE SUDCO
Cara Mengenali Karbu Keihin PE28 Keluaran SUDCO (Japan)
Setelan Langsam Berwarna Hitam, Tulisan KEIHIN pada Botol skep besarnya presisi, ketebalan Hurufnya pun sama
kalau yang KW tulisan KEIHIN terkadang huruf i / lainnya ada yg kurus ada yg tebal
Warna Pelampung yang Ori Sudco maupun yg JAPAN berwarna Hitam dan Plempungnya bisa di setel.

Berikut Penampakannya;

********************************************************************************************************************
sumber : mbah google